HUT ke-498 Kabupaten Serang, Guru Besar UIN Banten Apresiasi Kepemimpinan Bupati Tatu

Ansori S
Selasa, Oktober 08, 2024 | 17:03 WIB Last Updated 2024-10-08T10:03:54Z
Dok. Istimewa

SERANG | Guru Besar Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin (UIN SMH) Banten, Zakaria Syafe'i mengapresiasi atas kinerja Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah selama menjabat dua periode memimpin Kabupaten Serang.  


Zakaria menilai, Ratu Tatu berkomitmen dalam mengimplementasikan program-program prioritasnya yakni pelayanan dasar kepada masyarakat.


Apresiasi disampaikan Guru Besar UIN SMH Banten, Zakaria Syafe'i saat menyampaikan sambutannya sebagai Tokoh Masyarakat para Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Serang Memperingati Hari Jadi Kabupaten Serang ke-498 Tahun 2024 pada Selasa, 8 Oktober 2024.


”Salah satu program prioritas yang selesai dilaksanakan menuntaskan betonisasi di seluruh jalan kewenangan Kabupaten Serang sepanjang 601,13 kilometer. Selanjutnya, Pemerintah Kabupaten Serang memaksimalkan betonisasi jalan desa dengan menaikan status menjadi jalan kewenangan Kabupaten Serang,” ujarnya.


”Selain pembangunan infrastruktur jalan, Pemkab Serang juga memprioritaskan pembangunan sumber daya manusia program (SDM) dengan menggulirkan prioritas bidang pendidikan, kesehatan, pertanian, perikanan, pariwisata, dan sosial,” sambung Zakaria. 


Adapun untuk laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Serang kembali naik menjadi 3,65 persen tahun 2021, dari sebelumnya sempat tertekan sebesar minus -1,4 persen tahun 2020. Bidang kesehatan, prevalensi stunting turun drastis dari 34,43 persen tahun 2019 menjadi 27.2 persen tahun 2021.


”Atas penurunan angka stunting ini, Pemkab Serang telah mendapatkan penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),” katanya.


Sedangkan tingkat pengangguran Kabupaten Serang pada Agustus 2023 sebesar 9,94  persen, sebut Zakaria, menurun dibandingkan tahun 2022 sebesar 10,61 persen. Angka kemiskinan juga turun, Tahun 2022 sebesar 4,96 persen, turun menjadi 4,85 persen pada tahun 2023. 


”Angka ini mencatatkan Kabupaten Serang dengan angka kemiskinan terendah ketiga di Provinsi Banten,” paparnya.


Sedangkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Serang meningkat tajam. Papar Zakaria, sempat minus 2,38 persen tahun 2020, terus meningkat menjadi 3,74 persen tahun 2021, dan tahun 2022 sebesar 5,04 persen.


”Sementara untuk IPM juga meningkat cukup signifikan. Sebesar 71,99 poin pada tahun 2022, meningkat menjadi 72,63 poin pada 2023. Angka ini termasuk dalam kelompok IPM Tinggi," ujarnya. 


”Meski sejumlah indikator pembangunan mengalami tren positif, masih menyisakan sejumlah catatan, bahwa Pengangguran banyak di lulusan sarjana, SMA dan SMK. Hal ini perlu evaluasi secara detail dengan program di sejumlah organisasi perangkat daerah atau OPD,” katanya.


Pada peringatan hari jadi ke 498 tahun, sebut Zakaria, merupakan momentum introspeksi atau evaluasi atas segala hal yang telah dilaksanakan, khususnya dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan publik. 


Kemudian hendaknya terus berusaha melakukan akselerasi pembangunan di berbagai sektor kehidupan untuk mewujudkan tatanan kehidupan yang lebih baik sebagaimana yang diharapkan.


”Optimalisasi pembanguan di bidang ekonomi, kesehatan dan pendidikan menjadi suatu keniscayaan. Pemberdayaan ekonomi ummat harus menjadi perhatian dalam rangka mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya. 


Pada sisa masa jabatannya, Zakaria mengapresiasi Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah  serta pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Serang yang telah berupaya secara maksimal untuk melaksanakan semua tugas dan kewajibannya dalam rangka membangun Kabupaten Serang ke arah yang lebih maju, mandiri dan sejahtera, secara material maupun spiritual. 


”Tentu saja, etos dan semangat yang berkobar untuk membanguan Kabupaten Serang ini dapat mewujudkan masyarakat kita tetap utuh, berjalan dengan normal, stabil, dinamis, aman, nyaman dan sejahtera,” paparnya.


Zakaria berharap, kepada Bupati dan Wakil Bupati Serang terpilih untuk periode 2024-2029 mendatang, agar dapat menindak lanjuti program yang telah dirumuskan oleh kepemimpinan sebelumnya.


”Yang pasti mampu menunjukkan kinerja yang berprestasi dan mengantarkan kehidupan masyarakat Kabupaten Serang adil, makmur dan sejahtera,” tuturnya.

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • HUT ke-498 Kabupaten Serang, Guru Besar UIN Banten Apresiasi Kepemimpinan Bupati Tatu

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan