Bawa Palu Saat Unjuk Rasa Jilid IV di PT Dover Chemical, Romeo Ditangkap Polisi

Ansori S
Kamis, Oktober 10, 2024 | 13:24 WIB Last Updated 2024-10-10T06:24:14Z
Foto: Romeo di tangkap Polisi saat Unjuk rasa di Depan PT. Dover Cemikal Cilegon (ist) 

CILEGON| Unjuk rasa yang dilakukan Komunitas Masyarakat Banten Bersatu yang diketuai Rohmatulloh alias Romeo jilid IV di PT Dover Chemical, akhirnya Romeo ditangkap pihak Kepolisian, Kamis (10/10/3/2024).


Diketahui, Romeo datang mengendarai mobil Ayla warna putih yang dicorat coret. Melakukan aksi pecah kaca mobil, tangan kanan memegang palu dan tangan kiri memegang kayu gagang pacul. 


Dimana palu dan kayu gagang pacul tidak sah menjadi alat peraga unjuk rasa sesuai aturan undang-undang. Apakah diperbolehkan palu dan kayu gagang palu dibawa saat unjuk rasa.


Mulyana selaku Sekretaris Umum DPP LSM BMPP megaku melihat langsung bahwa Rohmatulloh alias Romeo membawa palu dan kayu gagang pacul.


"Jadi Romeo datang ke PT. Dover Cemikal sudah dengan membawa palu dan gagang pacul, lalu palu dihantamkan ke kaca mobil," kata Mulyana.


Peraturan Kapolri (Perkap) No. 7 Tahun 2012 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Pelayanan, Pengamanan, dan Penanganan Perkara Penyampaian Pendapat di Muka Umum.


Mengatur bahwa penggunaan alat peraga tidak boleh mengandung unsur kebencian, penghinaan, atau informasi yang menyesatkan. Selain itu, alat peraga yang digunakan tidak boleh memprovokasi tindakan kekerasan atau merusak ketertiban umum.


Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum. Pasal 6 Menetapkan bahwa dalam menyampaikan pendapat di muka umum, termasuk saat menggunakan alat peraga, harus menghormati hak-hak orang lain, ketertiban umum, dan menjaga kesatuan dan persatuan bangsa. Pasal 9, Mengatur bahwa setiap unjuk rasa harus memberitahukan rencana penyelenggaraan kepada pihak kepolisian setempat, termasuk informasi mengenai waktu, tempat, dan alat peraga yang akan digunakan.


Dari penangkapan itu, belum ada keterangan resmi dari pihak Kepolisian. Apakah yang bersangkutan (Romeo-red) akan di proses secara hukum atau tidak. 

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bawa Palu Saat Unjuk Rasa Jilid IV di PT Dover Chemical, Romeo Ditangkap Polisi

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan