Budaya Kerja ASN Pemkab Serang Lebihi Target Nasional

Ansori S
Senin, September 09, 2024 | 19:28 WIB Last Updated 2024-09-09T12:28:01Z
Dok. Istimewa

SERANG | Nilai hasil Survei Budaya Kerja Aparatus Sipil Negara atau ASN Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang Tahun 2023 sebesar 61,2 persen, melebihi target nasional yang hanya 60,1 persen. Sedangkan untuk tahun 2024, Pemkab Serang menargetkan mendapatkan nilai sebesar 81 persen. 

  

Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Kabupaten Serang, Rudy Suhartanto mengaku meski capaian nilai budaya kerja melebihi target nasional namun pihaknya mengaku belum menggembirakan dari hasil nilai tersebut. Maka, pihaknya akan terus mengejar nilai yang memuaskan.


“Hasil survei sekarang Kabupaten Serang sudah berada di atas nasional nilai budaya kerja dilakukan nasional, tapi kan kita tidak cukup puas dengan itu, kita harus meningkatkan budaya kerja kita,” ujarnya usai membuka Sosialisasi  Budaya Kerja ASN Berakhlak Pemerintah Kabupaten Serang di Aula Tb. Suwandi pada Senin, 9 September 2024.


“Walaupun nilai kita sudah ada di atas nasional, cuma kan kalau nilainya bagus dan lebih baik lagi ke depannya. Kita coba bangun budaya kerja yang baik di masyarakat Kabupaten Serang, di urusan semua pegawai Kabupaten Serang supaya bisa lebih bagus lagi kedepannya,” ujarnya. 


Menurut Rudy, berkaitan dengan budaya kerja bicara kesadaran dari setiap pegawai tidak bisa hanya di ukur dari hasil survei. Akan tetapi harus ada pembinaan pegawai yang secara berkelanjutan dalam rangka membangun budaya kerja.


“Budaya kerja itu intinya kalau kita ingin mempunyai target kinerja yang bagus, harus dengan budaya kerja yang bagus juga,” katanya. 


“Jadi kalau itu kan dari sisi dampaknya. Sedangkan sisi efeknya kalau dengan landasan budaya yang bagus pasti nilainya akan bagus, tapi kalau nilainya akan bagus kita akan merayakan, jadi kita berangkatnya dari mana,” tambah Rudy. 


Turut hadir pada Sosialisasi Budaya Kerja ASN Berakhlak Pemerintah Kabupaten Serang Asisten Daerah (Asda) III Bidang Administrasi Umum Kabupaten Serang, Ida Nuraida dan Kepala Bagian (Kabag) Organisasi dan Reformasi Birokrasi, Aat Supriyadi. Sedangkan sebagai narasumber Ahli Madya Lembaga Administrasi Negara (LAN), Ani Suprihartini.


Kabag Organisasi dan Reformasi Birokrasi Setda Kabupaten Serang, Aat Supriyadi menginginkan pada budaya kerja menginginkan menciptakan lingkungan kerja yang positif dan produktif untuk seluruh pegawai yang ada di lingkungan Pemkab Serang.


“Sehingga, akan terbangun keharmonisan dengan terjalinnya kolaborasi seluruh ASN hingga melayani masyarakat itu yang disebut dengan pelayanan publik,” ujarnya.

 

Aat mengatakan, Sosialisasi Budaya Kerja ASN Berakhlak Pemerintah Kabupaten Serang dilaksanakan merupakan bagian dari evaluasi penilaian Tahun 2023 yang mendapatkan nilai 61,2 persen diatas rata-rata provinsi.


“Tahun kemarin itu kita penilaian 2023 kita 61,2 persen, untuk target Tahun 2024 sebesar 81 persen, penilaian ini sedang berjalan nanti akan keluarnya di sekitaran November 2024,” katanya.


Sekadar di ketahui, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB) menggelar Survei Budaya Kerja ASN Berakhlak secara nasional pada 1 sampai 6 September 2024. Adapun untuk penilaiannay akan di umumkan pada November 2024.

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Budaya Kerja ASN Pemkab Serang Lebihi Target Nasional

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan