Usai Konfercab PMII Kota Serang, SK Ketua Terpilih, Rohati Tak Kunjung Diberikan, Ternyata Ini Biang Keroknya

Rahmat Zamzami
Sabtu, Agustus 03, 2024 | 21:50 WIB Last Updated 2024-08-04T21:27:15Z
Ketua PB Kopri, Maya Muizatillutfillah yang diduga jadi penyebab lambannya SK Ketua PMII PC Kota Serang terpilih yang tak kunjung diberikan oleh PB PMII. (Dok/foto Roni Prasetyo Nugroho)

SERANG | Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Kota Serang menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) ke-XXIV (26) yang telah selenggarakan pada 29 Juni 2024 lalu. Hingga saat ini menuai polemik dan SK Ketua PMII PC Kota Serang terpilih tak kunjung ada.


Acara yang berlangsung di aula gedung Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Banten, Konfercab PMII Kota Serang diikuti oleh 6 perguruan tinggi, 6 Komisariat dan 9 Rayon dibawah naungan Komisariat.


Dalam berita acara Badan Pekerja Konfercab (BPK) PMII Kota Serang, tercatat ada tiga nama calon ketua cabang dan dua nama calon ketua kopri cabang PMII Kota serang. 


Pada pelaksanaan konfercab yang berlangsung hingga 4 hari lamanya, berakhir ricuh dan di pending, akhinya BPK beserta pengurus cabang memutuskan untuk pindah tempat pelaksanaan Konfercab.


Ketika pelaksanaan konfercab kembali di gelar yang kedua kalinya setelah berpindah tempat di Kebun Kebangsaan Walantaka, Kota Serang. Ada salah satu calon yang berinisiatif melaksanakan konfercab tandingan hingga mengakui bahwa kelompoknya telah menang. Meski dalam pelaksanaaanya tidak melibatkan komponen pelaksanaan Konfercab.


BACA JUGA: Ketua PC PMII Kota Serang Terpilih Gelar Aksi Demo di Jakarta, Rohati: Pengajuan SK Dipolitisi

Dari tiga calon ketua cabang PMII Kota serang, salah satunya diantaranya ternyata merupakan adik kandung dari ketua Korps Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (Kopri) Putri Pengurus Besar (PB) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Maya Muizatillutfillah.


Dari informasi yang diperoleh, Ketua Kopri PB PMII, Maya Muizatillutfillah turun gunung pada Konfercab dengan tujuan untuk memenangkan salah satu calon ketua cabang PMII Kota Serang. 


Pastinya, ajak dan arahan dari orang nomor satu di Kopri PB PMII itu sangat berpengaruh dan mempermudah salah satu calon ketua cabang PMII Kota Serang yang ia dukung agar menang dan terpilih menjadi ketua.


Meski begitu, pada kontestasi politik Konfercab PMII Kota Serang yang ke-26 itu tidak mempengaruhi sikap dan komitmennya untuk tetap mendukung calon ketua PMII PC Kota Serang nomor urut 2, M Yasin Fadili. 


Bukan hanya mengoprasikan suara saja, Ketua PB Kopri, Maya Muizatillutfillah itu juga menginterpensi hasil penghitungan suara pada Konfercab PMII Kota Serang, setelah mengetahui suara yang di peroleh oleh calon ketua yang di dukungannya kalah dan dimenangkan oleh calon ketua dengan nomor urut 1, Rohati.


BACA JUGAKongres PB PMII 2024, Diduga Jadi Kepentingan Politik M Abdullah Syukri

Setelah Rohati secara resmi menjadi ketua PMII Pengurus Cabang (PC) Kota Serang yang terpilih dengan memperoleh suara terbanyak dari 2 calon lainnya, ketika Rohati mengajukan SK ke PB PMII sekitar 2 mingga lamanya tidak kunjung di berikan.


"Setelah saya terpilih sebagai ketua pada Konfercab-XXVI PC PMII Kota Serang, SK-nya lama sekali ngak dikeluarkan oleh PB PMII, sudah konfirmasi ke PB PMII, ternyata yang menghambat Ketua Kopri PB PMII Maya Muizatillutfillah,  dia masih bersikukuh ikut campur dari hasil saat Konfercab PMII Kota Serang, dia minta saya mengalah untuk bergeser posisi sebagai ketua Kopri cabang," kata Rohati ketua PMII PC Kota Serang terpilih, Sabtu (3/8/24).


Masih kata Rohati, upaya yang dilakukan oleh Maya Muizatillutfillah itu bermaksud agar Ketua PMII PC Kota Serang dijabat oleh adiknya.


"Saya kan mencalonkan diri sebagai ketua PMII PC Kota Serang buka Kopri, malah dia ngatur saya agar pindah posisi sebagai ketua Kopri cabang dan diganti oleh adiknya, M Yasin Fadili itu," terangnya.


Rohati menilai, perbuatan yang sudah dilakukan oleh orang nomor satu di PB Kopri, Maya Muizatillutfillah yang sudah menginterpensi hasil Konfercab PMII Kota Serang dan diduga kuat juga dirinya yang membuat SK Ketua PMII PC Kota Serang terpilih tidak kunjung dikeluarkan. 


"Apa yang di lakukan oleh Maya Muizatillutfillah itu sudah mencontohkan hal yang sangat buruk dan tidak patut untuk ditiru, dia rela menurunkan derajatnya demi adiknya yang kalah dalam kontestasi Konfercab PMII Kota Serang, sudah kalah kakaknya ngotot adiknya harus menjabat sebagai ketua," pungkasnya.


Koresponden: Roni Prasetyo N | Editor: Zami

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Usai Konfercab PMII Kota Serang, SK Ketua Terpilih, Rohati Tak Kunjung Diberikan, Ternyata Ini Biang Keroknya

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan