Kongres PB PMII 2024, Diduga Jadi Kepentingan Politik M Abdullah Syukri

Rahmat Zamzami
Jumat, Agustus 02, 2024 | 22:55 WIB Last Updated 2024-08-03T19:45:22Z
APK Muhammad Abdullah Syukri 

JAKARTA | Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) adalah organisasi Kemahasiswaan yang didirikan pada tanggal 17 April 1960 tepatnya di Wonokromo Surabaya Jawa Timur dan sebagai organisasi yang berhaluan ber Asaskan pancasila dan Berhaluan Islam Ahlussunnah Wal Jamaah.


PMII sebagai organisasi yang mengemban misi perubahan dan intelektual, Mahasiswa Islam wajib bertanggung jawab membebaskan bangsa Indonesia dari keterbelakangan dan keterpurukan kepada kemajuan, kemakmuran dan keadilan.


Kongres Pengurus Besar (PB) PMII adalah sebuah konferensi Nasional yang bertujuan untuk melahirkan pemimpin Ketua PB PMII yang baru dan di harapkan bisa membawa PMII menjadi organisasi yang terkemuka dan mendunia.


BACA JUGA: Usai Konfercab PMII Kota Serang, SK Ketua Terpilih, Rohati Tak Kunjung Diberikan, Ternyata Ini Biang Keroknya

Namun pada Kongres PB PMII tahun ini yang nantinya bakal di Palembang Sumatera Selatan pada 9 Agustus 2024, terkesan tergesa gesa dan di paksakan.


Ternyata hal itu diduga ada kepentingan politik Ketua Umum PB PMII, Muhammad Abdullah Syukri (Abe) yang mana diketahui dirinya akan mencalonkan diri sebagai Bupati Cirebon.


Padahal mmengacu pada ART PMII BAB V tentang perangkapan keanggotaan dan kepengurusan pasal 9 poin 2 menjelaskan bahwa "Pengurus PMII tidak dapat merangkap sebagai pengurus partai politik, calon anggota legislatif, alon Presiden/wakil Presiden, calon Gubernur/wakil Gubernur, calon Bupati/wakil Bupati dan calon Walikota/wakil Walikota".


"Percepatan Kongres PB PMII tahun ini terkesan di buru buru karena Tum Abe hari ini mempunyai kepentingan pada PILKADA 2024, pantas saja karena khawatir menimbulkan Bomeerang yang tertuju kepada Tum Abe," kata Miko Ardana Kader PMII Kota Serang, Jumat (2/8/24).


BACA JUGA: Konfercab PMII Kota Serang ke-26 Diduga Ada Penjegalan SK, Ketua Terpilih Dilobi Oleh Oknum Untuk Bergeser Posisi

Miko Menilai, PB PMII masih banyak meninggalkan banyak persoalan yang belum terselesaikan, namun PB PMII sibuk mengurus persiapan Kongres.


"Bila kita melihat pada kewajiban PB PMII hari ini, masih banyak persoalan yang belum di selesaikan terkhusus persoalan SK Pengurus Cabang PMII Kota serang, malah ketua umum PB PMII yakni Muhammad Abdullah Syukri, sudah bermain kepentingan untuk dirinya sendiri sehingga memajukan pelaksanaan Kongres menjadi lebih awal," tegasnya.

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kongres PB PMII 2024, Diduga Jadi Kepentingan Politik M Abdullah Syukri

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan