Kompetisi Sains Madrasah Resmi Dibuka, Ini Pesan Kasi Penma Kemenag Kabupaten Serang

Rahmat Zamzami
Senin, Juli 01, 2024 | 15:31 WIB Last Updated 2024-07-01T08:34:14Z

SERANG | Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat MI , MTs, dan MA, tahun 2024 yang di pusatkan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Ciruas (MTSN 1 Ciruas) Resmi dibuka.


Kegiatan tersebut di buka oleh Kepala seksi pendidikan madrasah (Kasi Penma) Kemenag Kabupaten Serang, M Han Rusman Rinaldi dan para kepala seksi di kemenag kabupaten Serang.


KSM tersebut diikuti oleh 524 peserta, yakni peserta dari tingkat Mi / SD 46 , peserta tingkat Mts/ SMP 147 , da peserta dari tingkat MAN/MA 331 peserta.


Dok. Kasi penma Kabupaten Serang, M. Han Rusman Rinaldi

Kasi penma Kabupaten Serang, M. Han Rusman Rinaldi mengatakan KSM ini merupakan sebuah ajang berkompetisi dalam bidang Sains yang telah dilaksanakan sejak tahun 2012 hingga tahun 2017 dan dilakukan secara konvensional, selanjutnya KSM dilakukan berbasis teknologi sejak tahun 2018 hingga kini.


"Jadi proses pendaftaran dan seleksi administrasi sampai dengan pelaksanaan tes kita manfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam pelaksanaan kompetisi," katanya, Senin (1/7/24).


Pada kompetisi Sains Madrasah 2024 ini lanjut M. Han Rusman Rinaldi menjelaskan dibuka untuk satuan pendidikan, MI, MTs, MAN sementara untuk MI terbagi atas mata pelajaran, matematika terintegritasi dan IPA terintegritas. 


Sementara itu, tingkat Mts/SMP yaitu matematika terintegritasi dan IPA terpadu terintegrasi dan untuk tingkat MA/ SMA yaitu mata pelajaran matematika terintegrasi, Fisika terintegrasi, biologi terintegrasi, kimia terintegrasi, ekonomi terintegrasi dan Geografi terintegrasi.


M. Han Rusman Rinaldi juga menekankan agar seluruh peserta dan pengawas menjaga integritas dan sportivitas dalam berkompetisi, ditegaskan terkait prestasi tahun ini siswa siswi madrasah ibtidaiyah madrasah Tsanawiyah dan madrasah Aliyah Negeri di kabupaten harus mampu menjadi juara di tingkat provinsi dan bahkan untuk tingkat nasional. 


"Semoga KSM ini bisa menjadi wadah yang positif untuk siswa siswi dalam menunjukkan kemampuan terbaiknya, menjadi siswa siswi Yang unggul dan berkarakter, tidak hanya penekanan pada ilmu agama akan tetapi mampu berkompetisi dalam bidang ilmu Sains yang tentunya terintegrasi pelajaran agama, Jadikan madrasah maju bermutu dan mendunia," pungkasnya.


Reporter: Ari STC

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kompetisi Sains Madrasah Resmi Dibuka, Ini Pesan Kasi Penma Kemenag Kabupaten Serang

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan