Kegiatan Pengadaan dan Pemasangan Marka ZoSS Diduga tidak Sesuai Spesifikasi

serangtimur.co.id
Rabu, Juni 26, 2019 | 21:56 WIB Last Updated 2019-06-27T09:12:37Z


SERANG, SERANGTIMUR.CO.ID | Kegiatan penyelenggaraan keselamatan lalu lintas jalan dengan jenis pekerjaan pengadaan dan pemasangan Marka Zona Selamat Sekolah (ZoSS) yang sedang dikerjaan di Jalan Sultan Ageng Tirtayasa No. 169, tepatnya di depan SMAN 1 Tirtayasa, Desa Tirtayasa, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang diduga pelaksanaannya tidak sesuai dengan spesefikasi.

Hal tersebut dikatakan salah satu pengguna jalan yang enggan disebutkan namanya kepada serangtimur.co.id mengungkapkan, seharusnya menggunakan bahan marka dengan jenis Thermoplastic, Thermoplastic non relektif, Cold plastic putih dan Cold plastik merah.

"Saya menduga bahan marka yang digunakan tidak sesuai dengan jenis bahan untuk marka jalan yang digunakan. Seharusnya bahan tidak licin dan memantulkan cahaya pada malam hari (Retroreflektif) bila terkena sinar lampu kendaraan dan memenuhi standar rujukan," ujarnya, Rabu (26/06/2019).

Ia menjelaskan standar rujukan yang digunakan seperti AASHTO M 247 - 09 untuk manik-manik kaca (GLASS BEAD), AASHTO M 249 – 98 untuk cat Thermoplastic.

"Bahan marka jalan jenis thermoplastic terdiri atas 5 (lima) komponen dengan komposisi Binder, manik-manik kaca, Titanium dioxide (TiO2), Calcium Carbonate dan inert Filler, Pigment kuning untuk marka kuning," jelasnya.


Menurutnya, untuk Pigment kuning sudah terlihat dengan kasat mata tidak jelas. Bahkan terlihat buram seperti yang sekarang sedang dikerjakan ini.

"Saya mengharapkan kepada Dinas Perhubungan Provinsi Banten segera meninjau ulang kegiatan ini. Jangan sampai kegiatan seperti ini dijadikan ajang korupsi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab," harapnya.

"Bisa bapak lihat sendiri, untuk kegiatan ini tidak ada papan ingormasinya dan sepertinya dikerjakan dengan cara asal-asalan demi meraup keuntungan semata," tutupnya.

Pantauan serangtimur.co.id dilokasi Jalan Sultan Ageng Tirtayasa No. 169, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, terlihat pengecatannya tidak rapih dan sudah terlihat kusam.

Untuk diketahui, paket pekerjaan pengadaan dan pemasangan Marka Zona Selamat Sekolah (ZoSS) yang sedang dikerjakan oleh PT. Marga Putra Perkasa yang terbagi kebeberapa daerah Propinsi Banten, diantaranya Kota Serang SMPN Shohibul Barokah Kasemen, SMPN 15, SMPN 6 Taktakan, dan SDN Cipete 1, Kabupaten Serang SMAN 1 Tirtayasa, Kota Tangerang SDN Pinang dan SMAN 3 Tangerang serta Kota Tangerang Selatan SDN Pondok Aren 01-05.

Anggaran yang digunakan dalam kegiatan tersebut mencapai Rp 1.085.667.693,00 yang bersumber dari APBD tahun anggaran 2019, dimana Dinas Perhubungan Provinsi Banten selaku satuan kerja.

(Lahudin/Suprani)
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kegiatan Pengadaan dan Pemasangan Marka ZoSS Diduga tidak Sesuai Spesifikasi

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan